Halal bi Halal Pesantren Modern Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara

Halal bi Halal Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara

 

Alhamdulillah,

Pelaksanaan Halal bi Halal bagi seluruh keluarga besar yayasan Sekolah Islam Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara beserta dengan karyawan dan staf yang diadakan di Rumah Makan Kembang pada Sabtu, 14 Mei 2022 kemarin berjalan dengan baik. Semoga silaturahim tetap terjaga diantara kita semua. Aamiin.

Berbicara tentang Halal bi Halal, semua sudah pada tahu belum apa makna dan tujuan dari Halal bi Halal ini?

 

Halal bi Halal sendiri adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal. Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Arab, namun tradisi ini disebut lahir dari masyarakat Indonesia sendiri.

 

Nah, awal kata halal adalah wahlul, dari kalimat Robbisrohli sodri wayassirli amri wahlul uqtadan mi lisan, yang memiliki arti lepaskanlah ikatan dari lidahku. Jadi dimaksudkan segala pengucapan yang tertahan bisa dilepaskan dengan tujuan bisa saling memaafkan satu sama lain.

 

Asal usul Halalbihalal di Indonesia juga beragam, seperti pada tahun 1948, awal mulanya dari KH Abdul Wahab Hasbullah yang merupakan seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama. KH Wahab memperkenalkan istilah Halalbihalal pada Bung Karno sebagai bentuk cara silaturahmi antar-pemimpin politik yang pada saat itu masih memiliki konflik.

 

Atas saran KH Wahab, pada Hari Raya Idul Fitri di tahun 1948, diadakanlah Halal bi Halal ini yang kemudian diikuti masyarakat Indonesia secara luas, terutama masyarakat muslim di Jawa sebagai pengikut para ulama. Hingga kini Halalbihalal menjadi tradisi di Indonesia. Atau kata kerennya sekarang banyak yang menyebutkan dengan kata “Open House”.

Dari semua asal muasal Halal bi Halal tersebut dapat disampaikan bahwa makna tujuan dari adakan Halal bi Halal ini adalah memperbaiki hubungan sesama manusia. Karena selama bulan Ramadhan, hubungan kita dengan Allah SWT telah kita perbaiki dan diberi pengampunan, alangkah lebih baiknya hubungan kita sesama manusia juga kita perbaiki, saling memamafkan dan menjaga silaturahim melalui acara Halal bi Halal.

Leave a Comment