Olahraga Memanah, Sunnah Rasul yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

 

Olahraga Memanah, Sunnah Rasul yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Suka memanah? Sepertinya terlihat seru ya saat kamu membidik anak panah yang kamu lepas dari tali busur panah yang kamu mainkan tertancap tepat ke target sasaran. 

 

Panahan adalah olahraga yang terbilang baru di Indonesia. Popularitasnya belakangan mulai meningkat, karena memang terlihat keren bukan? Di beberapa kota besar di Indonesia kini mulai ada kita jumpai sejumlah tempat berlatih panahan  terus melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang manfaat olahraga yang satu ini.

 

Hal inipun disambut baik dengan antusias yang tinggi. Karena peminatnya tidak mengenal range umur loh, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak boleh dan bisa saja melakukannya. Tentunya harus tetap dalam bimbingan para ahli ya. 

 

Nah yang perlu kamu diketahui juga, panahan ternyata salah satu olahraga yang dianjurkan dalam agama Islam. Panahan menjadi Sunah Nabi Muhammad selain berenang dan berkuda.

 

Panahan merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam anjuran Nabi  Muhammad SAW. Hal ini makin dikuatkan dari beberapa hadis Rasul yang menyebutkan soal memanah seperti berikut, 

 

”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

 

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

 

Selain itu, olahraga memanah pada anak anak juga memberikan manfaat lain pada saat proses kembang tumbuhnya seperti :

  • Melatih fokus
  • Melatih kontrol keseimbangan anak. 
  • Mengajarkan anak untuk mengontrol emosi. 
  • Melatih kepercayaan anak untuk berani mencoba hal baru. 

 

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengikuti kegiatan memanah ini ya, tak hanya mengikuti sunnah Rasul namun manfaat lain untuk kesehatan juga kita dapatkan sekaligus. 

Tentunya ini semua bisa didapatkan juga dalam kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan oleh sekolah Al-Azhar Asy-Syarif Sumatera Utara. Kegiatan lain juga banyak yang bisa kamu eksplor. Jangan batasi dirimu untuk mengetahui apa bakat dan keahlianmu. Saat kamu mengetahuinya, maka akan mudah bagimu untuk mengembangkannya.

Leave a Comment