SD Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara “Outing Class Study”

Outing Class, Mengunjungi Tempat Ikonik di Medan

Alhamdulillah, Sekolah Dasar Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara telah selesai melakukan kegiatan Outing Class. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dimiliki oleh Sekolah Dasar Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara. Kali ini kegiatan Outing Class mengusung tema “Menelusuri Sejarah Islam di Kota Medan”.

Adapun manfaat dan tujuan pembelajaran diluar kelas ini sangat banyak, seperti salah satunya dapat mengatasi rasa bosan yang terkadang dialami para santri selama proses pembelajaran didalam sekolah, membuat semangat belajar jadi lebih meningkat. Selain itu, dengan kegiatan yang mengunjungi suatu tempat seperti outing class ini para santri diharapkan dapat lebih berani mengeksplor rasa keingintahuannya, kretivitas dan inisiatif individu santri secara personal.

Sesuai dengan tema, para santri kali ini diajak berkeliling ke tempat yang dimana menjadi ikonik perkembangan sejarah islam di Medan. Seperti Masjid Raya Medan dan Istana Maimun.

Para santri terlihat sangat berantusias selama kegiatan berlangsung. Merekapun turut aktif dalam memberikan pertanyaan dan memberikan respon positif terhadap segala informasi yang diberikan.

Istana Maimun adalah Istana kesultanan Deli yang berada di kota Medan. Letaknya dipusat kota dan dengan ciri bangunan yang khas menjadikannya sangat ikonik dan mencolok jika kita melewati sepanjang Jalan B.Jendral Katamso. dibangun atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma’moen Al Rasyid ketika mencapai puncak kejayaannya. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891.

Bangunan istana terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri. Para santri menelusuri setiap bangunan dengan melihat beberapa barang peninggalan sejarah yang ditampilkan. Mereka tak lupa pula untuk tetap melakukan ibadah wajibnya yaitu shalat berjamaah dan Tadarus Al-Qur’an bersama. MasyaAllah.

Tidak jauh dari istana yang menghadap timur berdiri Masjid Raya Al-Mashun atau lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan. Masjid ini adalah saksi sejarah kebesaran Kesultanan Melayu Deli. Masjid Al Mashun dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Berarti usia Masjid sekarang sudah 113 tahun dan MasyaAllah bangunannya berdiri kokoh dijantung kota Medan. Ada tradisi yang terkenal di Masjid Al Mashun ini, yaitu saat bulan Ramadhan pihak pengelola masjid menyajikan bubur sop anyang untuk berbuka puasa.

Para santri juga tak lupa mengambil foto sebagai kenangan tanda bahwa mereka sudah melihat lebih dalam bagaimana megah dan indahnya bangunan masjid tersebut.

For further information, contact us :

Whatsapp

SD 0811 – 656 – 6090

SMP & MA 0811 – 606 – 6080

www.alazharasysyarifsumut.sch.id

Lokasi :

Jln. Mahoni, Tembung Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang Sumatera Utara 20371

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment