Tips Persiapan Anak Agar Siap Masuk Pesantren

Tips Persiapan Anak Untuk Siap Masuk Pesantren

Penentuan dimana sang anak harus bersekolah pasti menjadi salah satu keputusan yang penting bagi semua orangtua. Pasalnya disinilah mereka akan dididik dan dibina bagaimana menjalani kehidupan dan rutinitasnya sebagai seorang pelajar. Sebagaian dari mereka para orangtua pun memiliki rasa bangga tersendiri saat putra atau putri mereka masuk kedalam pesantren. Apalagi jika yang dimaksudkan adalah sekolah islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara. Tapi apakah mereka sudah siap menjadi santri?

Tak mungkin jika harus memaksakan kehendak, tapi orangtua ingin memberikan yang terbaik. Agar tidak salah dalam penanganannya, ada baiknya jika orangtua memastikan beberapa hal berikut,

1. Bicarakan Kepada Anak

Alangkah baiknya jika sebelum memasukkan sang anak ke pesantren kita terlebih dahulu berbicara dengan sang anak. Komunikasi dua arah itu sangat penting. Sebab yang akan menjalani kehidupan di pesantren adalah samg anak.

Berbicara senyaman mungkin dengan bahasa yang mudah dimegerti pula. Lebih bagus lagi jika orangtua sudah memiliki list atau daftar pesantren yang sekiranya bisa dipilih sang anak agar mereka juga memiliki gambaran bagaimana suasana belajar di pesantren tersebut.

2. Niatkan dan Berdoa

Jika sang anak sudah memutuskan ingin memasuki pesantren pilihannya, sampaikan untuk selalu memiliki niat yang baik demi pendidikan yang baik pula. Selanjutnya sudah mudah, cukup iringi dengan doa agar sang anak semakin memantapkan niatnya untuk masuk pesantren.

3. Anak Anak Ikut Memilih

Ikut sertakan sang anak dalam memilih pesantren mana yang ia ingin pilih. Tak perlu khawatir jika mugkin pilihan sang anak tidak sama dengan pilihan orangtua sebelumnya. Dengan melibatkan sang anak dalam menentukan pilihannya, besar harapan kita para orangtua dia merasa nyaman dengan lingkungan dari pesantren tersebut jadi berdampak positif dan bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa pula.

4. Bagun Urgensi Dalam Diri Anak

Kenapa harus masuk pesantren? Ini adalah pertanyaan utama dan paling tidak bisa dihindari karena pasti anak mempertanyakannya. Nah pastikan orangtua bisa menjawab dan memberikan jawaban yang tepat. Tidak perlu jawaban diplomatis yang menekankan sang anak. Para orangtua cukup memberikan jawaban logis dan alasan yang bisa meyakinkan sang anak agar bersemangat sekolah disana. Tak lupa pula untuk beritahu betapa pentingnya belajar dipesantren untuk kehidupan dan juga pendidikannya.

5. Mulai Berlatih Dengan Kegiatan di Pesantren

Persiapan kecil pasti sangat membantu untuk sang anak memulai kehidupan di pesantren. Para orangtua bisa beritahu secara perlahan bagaiman memulai kegiatan yang biasa dilakukan para santri. Biasakan mereka mengatur dan mempersiapkan segala kebutuhan pribadinya secara mandiri. Mungkin langkah awal yang bisa diterapkan adalah dimulai dengan bangun pagi dengan shalat berjamaah shubuh. Sampaikan dengan cara yang tepat dari hati ke hati bahwa kehidupan pesantren nantinya akan memiliki dampak baik, seperti salah satunya dalam menjalankan ibadah yang tepat waktu.

6. Berikan Gambaran Seputar Kegiatan Pesantren

Sekarang ini hampir semua sekolah maupun pesantren telah memiliki channel Youtube sendiri. Hal tersebut pun berlaku bagi Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara. Channel Youtube tersebut difungsikan sebagai dokumentasi media dari rangkuman kegiatan yang dilakukan oleh seluruh santri dalam kesehariannya. Nah, melalui unggahan tersebut orangtua bisa tampilkan kepada anak bagaimana rutinitas yang dilakukan oleh para santri dikesehariannya selama menganyam pendidikan di pesantren. Luangkan waktu untuk menonton bersama. Sambil beriringan, orangtua bisa memberitahu bahwasanya di generasi saat ini pun, tak ada salahnya jika melanjutkan jenjang pendidikan ke pesantren.

7. Kenali Bakat dan Minat Anak

Hal ini bisa dicoba sebagai salah satu usaha untuk menarik perhatian anak agar mau melanjutkan pendidikannya ke pesantren. Mungkin banyak yg mengira di era saat ini, pesantren masih terlalu kolot dan kaku tentang pembelajarannya. Namun tidak perlu khawatir, Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara fokus pembelajaran bukan hanya tentang pendidikan islam dan umum, namun sediakn juga fasilitas ekstrakurikuler yang bisa menjadi pilihan anak anak untuk mengeksplor bakat dan minatnya.

8. Ikuti Program Masuk Pesantren

Perkembangan zaman saat ini semakin cepat didukung lagi dengan teknologi yang semakin canggih membuat para orangtua selalu khawatir. Alangkah lebih baiknya selagi menunggu masuk ke pesantren para orangtua mengarahkan untuk mengisi kegiatan anak anak dengan hal positif dari berbagai cara. Contohnya bisa dengan mengaji, mendengarkan atau menonton tausiyah dari gadget atau dari televisi dengan orangtua sebagai pendamping. Hal lain mungkin bisa diisi dengan kegiatan edukatif seperti mempelajari tawjid yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di pesantren.

Nah, jika semua hal tersebut sudah dipastikan insyaAllah anak sudah siap untuk melanjutkan pembelajaran di pesantren. Para orangtua bisa mengarahkan dan memotivasi agar anak juga ikhas menganyam pendidikan di pesantren. Kami Sekolah Islam Al Azhar Asy Syarif Sumatera Utara menerima dengan tangan terbuka untuk semua para calon didik yang ingin bergabung.

For further information, contact us :

Whatsapp

SD 0811 – 656 – 6090

SMP & MA 0811 – 606 – 6080

www.alazharasysyarifsumut.sch.id

Lokasi :

Jln. Mahoni, Tembung Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang Sumatera Utara 20371

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment