Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Hari Jum’at

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang rendah hati dan Semakin banyak kita berdoa Kepadanya, semakin besar kemungkinan doa dan keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tentu saja, semua waktu baik untuk berdoa. Namun Allah SWT memberikan kelebihan bagi waktu-waktu tersebut. Berikut Ulasan berapa waktu tempat mustajabnya doa.

 

1. Di hari Jum’at

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan sholat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. Saat Berpuasa dan Berbuka Puasa

“Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

 

3. Setelah Sholat Fardhu

Sering kali kita lalai saat selesai sholat fardu langsung beranjak pergi dan lupa untuk berdoa. Namun lebih baiknya kita berdzikir dan berdoa terlebih dahulu. Sebab waktu ini adalah waktu mustajab untuk berdoa. Menambahkan bacaan dzikir dan wirid sebelum berdoa juga sangat dianjurkan demi terkabulnya doa-doa.

“Dari Abu umamah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu.” (HR. Tirmidzi)

 

4. Waktu Sepertiga Malam Terakhir

Disaat orang-orang tertidur pulas disaat itu tempat waktu mustajabnya doa. Doa-doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

5. Di waktu antara Adzan dan Iqamah

Hal ini sesuai dengan hadis dari Anas bin Malik bahwa ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqamah, maka berdoalah.” (HR. Ahmad)

Maka dari itu, saat mendengar adzan berhentilah beraktivitas dan gunakan waktu tersebut untuk berdoa.

 

6. Saat Sujud dalam Sholat

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim)

 

____

Sdi Al-azhar Asy-syarif Sumut

  1. Smpi Al-Azhar Asy-Syarif Sumut

Leave a Comment